Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan di berbagai jenjang pendidikan. Sebagai antisipasi, Kemdikbudristek telah mengeluarkan alur penanganan masalah saat ANBK berlangsung.
ANBK sendiri adalah pengganti Ujian Nasional (UN). Namun, jika UN dijadikan sebagai syarat kelulusan siswa, maka ANBK hanya menilai kualitas pembelajaran di sekolah serta kemampuan numerasi dan literasi siswa.
Dalam pelaksanaannya dua hari ini 19,20 September 2022 peserta ANBK 2022 dengan sistem online di UPT SMPN 7 Banjit mengalami kendala teknis. Beberapa peserta didik baik pada hari pertama dan hari kedua mengalami eror pada saat login sehingga dalam proses pelaksanaan nya beberapa peserta ANBK tidak bisa mengalami penyelesaian sampai batas waktu yang telah ditentukan.
Menurut Proktor ANBK UPT SMPN 7 Banjit, Andre Iwais bahwa sistem pada pelaksanaan ANBK Kemdikbudristek mengalami eror sehingga peserta ANBK mengalami down saat login dan hilang dan selalu berulangkali untuk login.
"Kendala Teknis ini kami konfirmasi pada operator kabupaten dalam pelaksanaan ANBK ini sehingga perlu melakukan penjadwalan ulang terhadap peserta yang mengalami kendala teknis akibat erornya pada sistem pelaksanaan ANBK pada peralatan yang dipakai peserta. Penjadwalan ulang telah dilaporkan pada sistem dan dalam proses mudah-mudahan akan dijadwal ulang", terang Andre.
Dikutip dari detik.com (13 September 2022) bahwa Kemendikbudristek telah mengeluarkan panduan alur penanganan masalah apabila sekolah mengalami kendala dalam pelaksanaan ANBK 2022. Dilansir dari situs Direktorat Jenderal SMP Kemdikbud, berikut tahapannya.
Alur Penanganan Masalah dalam ANBK 2022
1. Satuan pendidikan mengidentifikasi apakah kendala teknis bisa diselesaikan oleh tim teknis satuan pendidikan.
2. Apabila kendala teknis harus ditangani oleh tim teknis Kabupaten/Kota, maka satuan pendidikan mengajukan permohonan melalui layanan pengaduan pada laman ANBK https://anbk.kemdikbud.go.id/
3. Satuan pendidikan memilih kategori permasalahan
4. Untuk kategori permasalahan kendala teknis, infrastruktur, pendataan pada laman ANBK akan ditangani oleh tim teknis Kabupaten/Kota.
5. Untuk kategori permasalahan unlock SN / sinkron, transfer response, force selesai, permintaan akan ditangani oleh tim teknis provinsi. Sedangkan untuk extension ID Chromebook akan ditangani oleh tim teknis pusat.
6. Bila permasalahan tidak dapat ditangani oleh tim teknis provinsi maka akan diteruskan ke tim teknis pusat.
7. Apabila terjadi kendala teknis luar biasa yang menyebabkan pelaksanaan ANBK tidak bisa dilanjutkan, maka satuan pendidikan melaporkan ke tim teknis provinsi dan diteruskan ke tim teknis pusat. Pusat akan menentukan kebijakan penjadwalan ulang ANBK.
Itulah alur penanganan masalah dalam pelaksanaan ANBK 2022. (Admin)